[ GET FIT ] : EMS Training Session at 20 FIT Jakarta

6:02:00 PM


Hi girls... Gimana long weekend nya? Pada kemana aja nih?
Kalau aku, long weekend ku dimulai dengan mengikuti trial EMS Training Session di 20 FIT Cipete. 

Sebenernya udah lama lihat dan tau 20 FIT ini dari postingan di instagram, karena banyak artis yang ikutan ;) Berdasarkan dari yang aku baca, 20 FIT ini awalnya didirikan sebagai solusi alternatif berolahraga untuk berbagai kalangan, dengan tujuan untuk meningkatkan kebugaran sekaligus mengubah pola hidup agar menjadi lebih baik. Dengan konsep "modern dan minimalis" yang mengusung konsep bahwa kebugaran dapat dicapai dalam waktu 20 menit.


Jadi untuk yang belum tau, 20 FIT itu sendiri adalah sebuah micro-gym pertama di Indonesia yang menggunakan teknologi EMS. Nah EMS training itu sendiri adalah bentuk latihan terbaru yang berhasil mengubah industri kebugaran dunia. EMS adalah singkatan dari Electro Muscular Stimulation, yaitu metode latihan olahraga secara intensif dengan menggunakan sistem impuls atau alat stimulasi berbasis elektrikal. 

Jadi dalam keseharian kita, sistem saraf pusat tubuh kita itu terus menerus mengirimkan listrik impuls untk mengendalikan otot kita secara alami. Nah EMS ini mencoba menerapkan sistem alami tubuh kita tersebut dengan menambah stimulasi elektrikal yang berasal dari luar tubuh kita melalui mesin EMS. Dengan sistem ini maka otot yang ada dalam tubuh kita akan dikuatkan kembali melalui rangsangan elektroda saat melakukan serangkaian program latihan.

Latihan EMS ini bisa dikatakan lebih efektif dibandingkan latihan di tempat gym konvensional, karena manfaat yang dihasilkan dari 20 menit berlatih dengan EMS di 20 FIT itu ternyata sebanding dengan 2 - 3 jam latihan beban di tempat fitness konvensional. Pada latihan EMS 90% otot digerakkan secara bersamaan dengan setiap kontraksi yang ada. Selain itu kontraksi otot yang dilakukan cenderung lebih kuat dan lebih intens dibandingkan melakukannya sendiri melalui latihan biasa. Jadi bila dibandingkan dengan latihan konvensional lainnya latihan EMS ini akan membuat koordinasi otot kita menjadi lebih baik, dan dalam waktu yang cenderung lebih singkat pula :)


Jadi sudah tau ya cara kerja EMS di 20 FIT ini dari penjelasanku diatas. Intinya sih di latihan EMS ini kita akan melakukan gerakan olahraga sederhana namun sambil distimulasi dengan aliran elektroda yang akan membantu menambahkan kontraksi lebih pada otot untuk bekerja lebih keras. 

Latihan EMS ini akan mengencangkan seluruh kelompok otot inti di dalam tubuh sehingga kita bisa mencapai penguatan otot serat tanpa perlu menghabiskan banyak waktu untuk bergerak sebagaimana olahraga lainnya. Hal tersebut membuat olahraga di 20 FIT menjadi lebih efisien.

Benefit yang bisa didapatkan dari EMS training ini adalah :
- Meningkatkan massa otot
- Membakar lemak
- Memperbaiki postur tubuh
- Mengurangi sakit punggung
- Memperlancar peredaran darah

(Nah ini mesin EMS nya yang akan menghantarkan listrik ke tubuh kita melalui outfit khusus yang telah disediakan)


20 FIT Review 
Kebetulan long weekend kemarin aku berkesempatan mencoba Trial Class di 20 FIT cabang Cipete, Jakarta Selatan (thanks to Clozette Indonesia!). Berhubung ini pertama kalinya aku mencoba EMS training jadi aku disarankan untuk mencoba kelas Trial terlebih dahulu agar badanku terbiasa dengan latihan ini. Sesi trial-nya itu selama 12 menit non stop, dan dilanjutkan dengan 5 menit interval tanpa melakukan gerakan apapun namun tetap distimulasi dengan elektroda dari mesin EMS.

Oya, di 20 FIT ini ada trainer-nya kok, jadi nanti trainer akan menyesuaikan parameter latihan sesuai tujuan dan kemampuan setiap individu. Untuk berolahraga di 20 FIT sudah disediakan outfit khusus untuk latihan, jadi kita akan dipersilahkan untuk berganti baju terlebih dahulu di ruang ganti sebelum memulai EMS session. Nantinya kita juga akan dipasangkan gear khusus di atas baju kita, yang mana EMS gear ini akan disambungkan pada mesin yang telah tersedia.

Sebelum dipakai diatas baju, gear khusus EMS ini akan disemprotkan air terlebih dahulu oleh trainer (karena air adalah penghantar listrik yang baik). Nggak perlu takut kesetrum voltase tinggi girls, karena sebenarnya voltase dari mesin EMS ini sangat rendah, hampir sama dengan aliran listrik yang ada di dalam tubuh kita. Jadi walaupun rasanya lumayan menyengat tapi nggak akan sampai bikin tubuh kita tersetrum voltase tinggi yang membahayakan.

Trainer juga sangat detail menjelaskan proses demi proses yang akan dijalankan, dari proses menambahkan air di gear, sampai saat latihan pun kita akan diberikan step by step tutorial dan akan selalu didampingi trainer sampai selesai. So there's nothing to worry, really..
Lagipula latihannya cuma sebentar kok, kan cuma kurang lebih 20 menit :)



Oke baju dan gear sudah dipasang, now I'm ready to roll !

Seperti yang saya tulis diatas, latihannya berbentuk gerakan-gerakan sederhana yang gampang-gampang saja. Apalagi ini kan kelas trial alias kelas pemula. Gerakannya nggak ada yang susah. Nantinya kalau kalian rutin ikut kelas EMS tentu saja latihan dan gerakannya akan ditambah sesuai perkembangan masing-masing.

Tapi walaupun gerakannya sederhana namun karena sambil ditambah stimulus dari mesin EMS jadi rasanya lumayan nyelekit hihihi... Pertama kali dialiri listrik saya sempat kaget karena rasanya seperti disetrum tapi bukan setrum yang bikin panas gitu. Kalau ini setrumnya masih bisa ditahan, dan setiap setruman periodenya hanya sekitar 5-6 detik saja namun berulang. Ini yang namanya EMS alias Electro Muscular Stimulation. 


Setelah melakukan gerakan sederhana selama 12 menit non stop sambil di stimulus dengan EMS, lalu  dilanjutkan dengan 5 menit interval stimulasi otot dimana kita hanya perlu diam saja berdiri sambil menahan otot perut setiap kali di stimulus. Lumayan juga sih rasanya, tapi lebih santai sedikit dibanding 12 menit pertama hehe..

Setelah itu maka selesai lah trial class pertama ku di 20 FIT ini. Walaupun "cuma 20 menit" latihan yang nggak banyak gerak tapi ternyata keringetan banyak lho, sama seperti kalau habis latihan zumba ;)

Badan juga langsung jadi segar rasanya. Menurut trainer-nya kalau besoknya otot terasa pegal-pegal itu adalah hal yang normal terjadi, tapi kalau aku sampai sekarang gak ngerasa yang pegal-pegal abis marathon gitu. Biasa aja untungnya hehe..


Intinya, latihan EMS ini lumayan seru karena bisa ngerasain hal baru sekaligus inovasi baru dalam olahraga. Walaupun rasanya lebih nyelekit dibanding olahraga konvensional tapi hasilnya lebih cepat tercapai. PLUS lebih efisien dalam soal waktu, karena kita hanya butuh 20 menit ber-olahraga  di 20 FIT dibanding menghabiskan waktu 2 jam di gym. Jadi walaupun lumayan berasa karena ada setrum kecil nya namun hasilnya worth it kok.

Dari setelah selesai latihan sampai besoknya otot ku masih terasa kencang terutama otot bagian perut seperti terasa kencang sendiri. Dan hasilnya sehari setelah latihan EMS ini perutku langsung mengecil begitu saja! Hahaha.. aku sampai takjub sendiri :)

Jadi menurutku latihan EMS ini patut dicoba kalau kamu penasaran atau tidak punya banyak waktu untuk olahraga. Untuk informasi 20 FIT harga nya bisa dilihat di foto di bawah ini (klik fotonya untuk memperbesar) :



PS : Sekarang lagi ada promo di 20 FIT.

  • Paket "Back2Back Trial" seharga IDR 190,000 untuk 2x sesi latihan pertama. 
  • Atau Paket "Unlimited" seharga IDR 1,999K per bulan => dapat unlimited session di 20 FIT, jadi dalam sebulan bisa latihan EMS kapan aja dan berapa kali pun kamu mau :)

Untuk info lebih jelasnya bisa kunjungi website 20 FIT di bawah ini :
20 FIT
Instagram : @20_FIT



Thank you Clozette for this opportunity !
Clozette Web : www.clozette.co.id/
Clozette IG : @clozetteid



Stay Healthy, people!

You Might Also Like

0 thoughts & comments

I really appreciate all your comments, thanks for commenting here and sharing some love !
I will return the favors by checking out and comment back on your blog ^o^

A Member Of :

And A Proud Member of :

Also Part Of :

Popular Posts

Labels

1 item 4 ways 7 Days of Sheet Masks Accessories Ahaishopping Althea Ampoules Antipodes Armando Caruso ASOS Avoskin B.Liv Bag of News Bags bath Bath & Body Works Bath and Body BB Cream Beauty Box Beauty Clinic Beauty Korea Beauty Sets / Kits Beauty Stuffs beauty tools Beauty Treats Box Benefit Cosmetics Bio Essence Bioderma Brands and Designers Burts Bees Carings CC Cream Celebs Style Charis Chicnova Chiyou Cicaronic Circle Lens Clarins Cleansing Oils Cleansing Pads Clinelle Closet Edit Clothing Clozette Corine de Farme Cosmetics Cow Brand D.I.Y D'Eyeko DD Cream Deciem Do Good While You Shop Dorothy Perkins Dove Dream List Dry Oil Empties Erha Esqa Cosmetics Estee Lauder Etsy Etude House Events Eye Treatments Eyebrows Eyeliners eyeshadows Face Mask Face Mist Face Of The Day Face Oil Face Scrub Face Serum Face Toner Face Wash Face-Off Review Fake Eyelashes Fashion Fashion How-To Fashion Looks Fashion/Shopping-related First Blush Box Fragrance Fragrance Diary Freeman French Brand From My Stash Furatasse Get Fit Giveaways Givenchy Glowsophy Gucci Guess H&M Hair care hair extension Hand Care Hand Creams Hauls and Freebies Highlighter/Bronzer Himalaya Herbals History on Beauty/Fashion Hot Deals and Offers IBB Ideas n Inspirations innisfree Instagram Instagrammable Places IPL Treatment Jakarta Fashion Week 10/11 Jakarta Fashion Week 11/12 Japanese brands Jewelry Jimmy Choo Jo Malone Juara k Kanebo KBJ Stars Konjac Sponge KoreaBuys Korean Brand Korres Laneige Lip Products lip scrub Lippies Lippies Of The Month Local Skincare Loccitane Lola Box Look Book Lush Made in Indonesia Make Up Brushes Make Up Forever Makeup Remover Mascara Maybelline Mini Showcase Miniso Missha Mizzu Cosmetics Moisturizer Monthly Favorites MUA My Beauty Regimes My Styles N'Pure nail polish Natural and Earth Friendly Night Cream Nihonmart Nip+Fab Nuxe NYX Oasap Oscar Blandi OST C20 Outfit Diary Outfit Poll Pamper Day Peptaronic Perfumes Personalized Pixy Cosmetics Product Replacements Products I Want To Finished Project : Decluttered reebonz Reviews Revlon Romand You ROXY Sally Hansen Sampar Sariayu Scarlett Whitening Scented Candles Shampoo SheInside Shoes Shu Uemura Skin Aqua Skin Food Skin79 Skincare SNP Prep Soap & Glory Sociolla Spa Review Style Book Sukin Sunscreen Tagged posts Talika Talika 30 Days Challenge The Body Shop The Face Shop Thrift Haul Tony Moly TTT's Achievements Valentine Series Vanity Trove Veet Victorias Secret Vitaronic Wardah Weekly Facial Mask Wet n Wild What I Wear Today What To Wear What's In My Shower What's Inside My Bag Where To Shop Yearly Highlights YSL