Kesehatan di era digital

4:59:00 PM



Beberapa waktu lalu saya sempat menjenguk sahabat saya yang baru saja melahirkan. Ia tinggal di salah satu kompleks di daerah Bekasi. Saya sendiri lumayan jarang ke daerah Bekasi. Maklum, tempat tinggal saya jauh dari Bekasi hehe Tapi teman teman dan sanak saudara saya cukup banyak yang tinggal di daerah Bekasi dan sekitarnya. 

Sekarang sahabat saya tersebut sudah kembali pulang ke rumah, dan sebagai seorang "ibu baru" maka kondisi kesehatannya sering drop karena kecapaian. Kadang ia suka curhat, menceritakan kalau setiap kali kondisinya sedang drop maka suka terasa tidak enak badan namun ia masih khawatir apabila harus pergi ke dokter atau ke rumah sakit (karena selain masih masa pandemi juga karena ia tidak bisa meninggalkan bayinya di rumah).

Lalu saya bilang, "pakai halodoc aja". Ternyata sahabat saya tersebut sudah pernah mendengar tentang HaloDoc tapi belum pernah mencobanya. Saya lalu memberitahunya tentang website dan aplikasi HaloDoc dimana kita bisa bertanya dan berkonsultasi dengan dokter umum atau dokter spesialis dimana saja dan kapan saja melalui chat, tentang kondisi yang sedang kita alami. Kalau menurut saya sih aplikasi ini banyak manfaatnya, apalagi kalau kita ingin bertanya sesuatu pada dokter tapi kita tidak punya waktu untuk pergi ke rumah sakit. Kita juga bisa membeli obat dan vitamin melalui app yang akan diantar dalam kurun waktu sekitar 60 menit. Jadi tidak perlu keluar rumah apabila sakitnya ringan atau apabila perlu membeli vitamin dan obat. Menurut saya semuanya jadi praktis banget dengan HaloDoc, jadi kalau ada yang butuh info saya suka share informasinya. 

Dan kebetulan ini memang salah satu website dan aplikasi andalan saya untuk hal kesehatan. Feature yang paling sering saya pakai dan paling saya suka adalah kita bisa "cari dokter" alias mencari tahu informasi sekaligus memilih dokter spesialis mana yang kita butuhkan sesuai gejala yang kita alami. Kita juga bisa mencari informasi rumah sakit mana yang dapat kita datangi yang terdekat dengan lokasi kita berada (karena kita bisa mencari di kolom search dengan memasukan nama area (misal: Jakarta Selatan, Medan, dan lain lain). Jadi nggak perlu susah-susah browsing lagi, karena semuanya sudah ada.

Sahabat saya ini tidak lama kemudian langsung memberitahu saya bahwa ia senang sekali karena menurutnya aplikasi tersebut dirasakannya sangat membantu, apalagi untuk kondisinya yang kadang drop tapi urung keluar rumah karena harus mengurus bayi. 

Selain itu, ia juga menggunakannya untuk mencari pilihan rumah sakit untuk keperluan kontrol dokter anak yang dirasa cocok, dan ia memberitahu saya bahwa pilihannya akhirnya jatuh pada RS Hermina Bekasi yang kebetulan lokasinya memang tidak terlalu jauh dari tempat ia tinggal. Ia menanyakan pendapat saya tentang rumah sakit pilihannya. Saya sendiri baru pernah dua kali ke RS Hermina Bekasi. Dua duanya dalam rangka menjenguk teman dan saudara (ketika sebelum pandemi Covid). Seingat saya waktu berkunjung kesana rumah sakitnya cukup bagus, bersih, teratur, dan pelayanannya nampak profesional. Apalagi kata sahabat saya sekarang di RS Hermina Bekasi juga sudah ada layanan fasilitas tes Covid 19, jadi makin lengkap saja. Untuk yang tinggal di area Bekasi dan sekitarnya pasti sudah tidak asing dengan RS Hermina Bekasi ini, karena layanan dan polikliniknya saya lihat juga cukup lengkap.


Intinya sih sekarang kalau sakit semuanya bisa dibuat mudah dan praktis karena didukung teknologi yang modern dan era digital yang mempermudah segala sesuatu. Tapi sebaiknya kita tetap jaga kesehatan dan jangan sampai sakit ya :) 
Semoga kita semua sehat-sehat selalu... 




You Might Also Like

0 thoughts & comments

I really appreciate all your comments, thanks for commenting here and sharing some love !
I will return the favors by checking out and comment back on your blog ^o^

A Member Of :

And A Proud Member of :

Also Part Of :

Popular Posts

Labels

1 item 4 ways 7 Days of Sheet Masks Accessories Ahaishopping Althea Ampoules Antipodes Armando Caruso ASOS Avoskin B.Liv Bag of News Bags bath Bath & Body Works Bath and Body BB Cream Beauty Box Beauty Clinic Beauty Korea Beauty Sets / Kits Beauty Stuffs beauty tools Beauty Treats Box Benefit Cosmetics Bio Essence Bioderma Brands and Designers Burts Bees Carings CC Cream Celebs Style Charis Chicnova Chiyou Cicaronic Circle Lens Clarins Cleansing Oils Cleansing Pads Clinelle Closet Edit Clothing Clozette Corine de Farme Cosmetics Cow Brand D.I.Y D'Eyeko DD Cream Deciem Do Good While You Shop Dorothy Perkins Dove Dream List Dry Oil Empties Erha Esqa Cosmetics Estee Lauder Etsy Etude House Events Eye Treatments Eyebrows Eyeliners eyeshadows Face Mask Face Mist Face Of The Day Face Oil Face Scrub Face Serum Face Toner Face Wash Face-Off Review Fake Eyelashes Fashion Fashion How-To Fashion Looks Fashion/Shopping-related First Blush Box Fragrance Fragrance Diary Freeman French Brand From My Stash Furatasse Get Fit Giveaways Givenchy Glowsophy Gucci Guess H&M Hair care hair extension Hand Care Hand Creams Hauls and Freebies Highlighter/Bronzer Himalaya Herbals History on Beauty/Fashion Hot Deals and Offers IBB Ideas n Inspirations innisfree Instagram Instagrammable Places IPL Treatment Jakarta Fashion Week 10/11 Jakarta Fashion Week 11/12 Japanese brands Jewelry Jimmy Choo Jo Malone Juara k Kanebo KBJ Stars Konjac Sponge KoreaBuys Korean Brand Korres Laneige Lip Products lip scrub Lippies Lippies Of The Month Local Skincare Loccitane Lola Box Look Book Lush Made in Indonesia Make Up Brushes Make Up Forever Makeup Remover Mascara Maybelline Mini Showcase Miniso Missha Mizzu Cosmetics Moisturizer Monthly Favorites MUA My Beauty Regimes My Styles N'Pure nail polish Natural and Earth Friendly Night Cream Nihonmart Nip+Fab Nuxe NYX Oasap Oscar Blandi OST C20 Outfit Diary Outfit Poll Pamper Day Peptaronic Perfumes Personalized Pixy Cosmetics Product Replacements Products I Want To Finished Project : Decluttered reebonz Reviews Revlon Romand You ROXY Sally Hansen Sampar Sariayu Scarlett Whitening Scented Candles Shampoo SheInside Shoes Shu Uemura Skin Aqua Skin Food Skin79 Skincare SNP Prep Soap & Glory Sociolla Spa Review Style Book Sukin Sunscreen Tagged posts Talika Talika 30 Days Challenge The Body Shop The Face Shop Thrift Haul Tony Moly TTT's Achievements Valentine Series Vanity Trove Veet Victorias Secret Vitaronic Wardah Weekly Facial Mask Wet n Wild What I Wear Today What To Wear What's In My Shower What's Inside My Bag Where To Shop Yearly Highlights YSL