Apa Itu Anemia ?

6:14:00 PM



Sekedar sharing saja, dulu sewaktu saya masih usia 20 tahunan badan saya sering terasa lemas, lemah dan mudah capek. Kadang kalau lama berdiri atau kelamaan jalan kaki malah sering merasa seperti mau pingsan. Lalu banyak yang komentar kalau kulit saya sering terlihat pucat, apalagi kalau melihat telapak tangan saya yang cenderung pucat tidak berwarna. Padahal kalau telapak tangan orang lain rata rata berwarna kemerahan atau semburat merah muda karena refleksi dari darah yang mengalir di bawahnya. Lalu suatu hari ayah saya membawa saya ke dokter, dan ternyata saya di diagnosa anemia walaupun (untungnya) masih yang tahap ringan. Dan kemudian saya diresepkan obat penambah darah oleh dokter.

Apa penyebabnya? Well, kemungkinan karena waktu itu kebetulan saya masih jadi anak kost dan sering makan tidak teratur dan mungkin kurang bergizi juga asupannya, sehingga kemudian tanpa saya sadari menyebabkan anemia. Karena salah satu faktor penyebab munculnya Anemia adalah kekurangan vitamin dan nutrisi seperti zat besi, vitamin B-12, dan juga folat.

Semenjak itu saya jadi berusaha makan lebih teratur, jarang skip makan lagi, dan selalu mengusahakan makan makanan yang bergizi cukup dengan sering makan sayur dan buah, dan juga minum air putih yang banyak. Sebaiknya juga ditambah dengan suplemen zat besi, konsumsi vitamin B12, asam folat, serta vitamin dan mineral lainnya yang baik untuk tubuh.

------
Untuk yang belum tau, penyakit Anemia adalah kondisi di mana jumlah sel darah merah lebih rendah dari jumlah normal. Jika memiliki anemia maka tubuh tidak mendapatkan cukup darah yang kaya akan oksigen. Akibatnya, seseorang mungkin akan merasa badannya lebih cepat lelah atau merasa sering lemas dan lemah lesu.

Anemia bisa terjadi jika sel-sel darah merah tidak mengandung hemoglobin (hb) yang cukup. Hemoglobin adalah protein kaya zat besi yang memberikan warna merah darah. Mungkin itu sebabnya kenapa telapak tangan saya waktu itu selalu terlihat berwarna pucat dan tidak kemerahan seperti pada umumnya. 

Kalau kalian ada yang pernah mengalami seperti saya coba periksakan ke dokter, siapa tau kondisi sering lemas dan merasa badan lemah itu karena anemia. Sebelum ke dokter kalian bisa juga baca-baca informasi seputar anemia di HaloDoc. Disitu cukup lengkap dijelaskan seputar penyakit Anemia, mulai dari definisi penyakitnya, jenis-jenis anemia, penyebabnya, gejala, dan juga jenis pengobatannya. 

Dan bukan tentang Anemia saja, tapi di HaloDoc kita juga bisa baca informasi seputar penyakit lainnya seperti penyakit Diabetes, Jantung, Kanker dan beberapa yang lainnya. Kita bisa juga tanya-tanya ke dokter umum dan spesialis melalui HaloDoc langsung, dan bahkan bisa pesan obat juga yang nanti akan langsung diantarkan ke alamat kita. Ada aplikasinya juga untuk memudahkan kita meng-akses informasi seputar kesehatan dimana saja dan kapan saja. 

Kadang saya juga sering baca-baca informasi mengenai penyakit lainnya, atau mengenai hal seputar Reproduksi (karena kebetulan saya sedang program hamil) - lewat website maupun aplikasi HaloDoc ini, karena sumbernya pasti valid dan langsung dari pakar kesehatan, jadi tentu saja bisa dipertanggung jawabkan. Penyedia service seperti ini tentu memudahkan kita yang awam tentang seputar kesehatan menjadi lebih mudah untuk mendapatkan informasi yang valid. Dibanding kita hanya bertanya-tanya ke orang lain yang sama sama awam, lebih baik bertanya langsung pada sumber yang valid dan pakar kesehatan kan? 

So, ada yang sudah tau atau pernah mampir ke website HaloDoc?




--------------

You Might Also Like

0 thoughts & comments

I really appreciate all your comments, thanks for commenting here and sharing some love !
I will return the favors by checking out and comment back on your blog ^o^

A Member Of :

And A Proud Member of :

Also Part Of :

Popular Posts

Labels

1 item 4 ways 7 Days of Sheet Masks Accessories Ahaishopping Althea Ampoules Antipodes Armando Caruso ASOS Avoskin B.Liv Bag of News Bags bath Bath & Body Works Bath and Body BB Cream Beauty Box Beauty Clinic Beauty Korea Beauty Sets / Kits Beauty Stuffs beauty tools Beauty Treats Box Benefit Cosmetics Bio Essence Bioderma Brands and Designers Burts Bees Carings CC Cream Celebs Style Charis Chicnova Chiyou Cicaronic Circle Lens Clarins Cleansing Oils Cleansing Pads Clinelle Closet Edit Clothing Clozette Corine de Farme Cosmetics Cow Brand D.I.Y D'Eyeko DD Cream Deciem Do Good While You Shop Dorothy Perkins Dove Dream List Dry Oil Empties Erha Esqa Cosmetics Estee Lauder Etsy Etude House Events Eye Treatments Eyebrows Eyeliners eyeshadows Face Mask Face Mist Face Of The Day Face Oil Face Scrub Face Serum Face Toner Face Wash Face-Off Review Fake Eyelashes Fashion Fashion How-To Fashion Looks Fashion/Shopping-related First Blush Box Fragrance Fragrance Diary Freeman French Brand From My Stash Furatasse Get Fit Giveaways Givenchy Glowsophy Gucci Guess H&M Hair care hair extension Hand Care Hand Creams Hauls and Freebies Highlighter/Bronzer Himalaya Herbals History on Beauty/Fashion Hot Deals and Offers IBB Ideas n Inspirations innisfree Instagram Instagrammable Places IPL Treatment Jakarta Fashion Week 10/11 Jakarta Fashion Week 11/12 Japanese brands Jewelry Jimmy Choo Jo Malone Juara k Kanebo KBJ Stars Konjac Sponge KoreaBuys Korean Brand Korres Laneige Lip Products lip scrub Lippies Lippies Of The Month Local Skincare Loccitane Lola Box Look Book Lush Made in Indonesia Make Up Brushes Make Up Forever Makeup Remover Mascara Maybelline Mini Showcase Miniso Missha Mizzu Cosmetics Moisturizer Monthly Favorites MUA My Beauty Regimes My Styles N'Pure nail polish Natural and Earth Friendly Night Cream Nihonmart Nip+Fab Nuxe NYX Oasap Oscar Blandi OST C20 Outfit Diary Outfit Poll Pamper Day Peptaronic Perfumes Personalized Pixy Cosmetics Product Replacements Products I Want To Finished Project : Decluttered reebonz Reviews Revlon Romand You ROXY Sally Hansen Sampar Sariayu Scarlett Whitening Scented Candles Shampoo SheInside Shoes Shu Uemura Skin Aqua Skin Food Skin79 Skincare SNP Prep Soap & Glory Sociolla Spa Review Style Book Sukin Sunscreen Tagged posts Talika Talika 30 Days Challenge The Body Shop The Face Shop Thrift Haul Tony Moly TTT's Achievements Valentine Series Vanity Trove Veet Victorias Secret Vitaronic Wardah Weekly Facial Mask Wet n Wild What I Wear Today What To Wear What's In My Shower What's Inside My Bag Where To Shop Yearly Highlights YSL