[Outfit Diary] : Lombok Vacation Trip

12:21:00 AM

Sebenernya ini draft udah lama banget nangkring di folder tapi nggak pernah ke-upload karena malas edit fotonyaaahh hahaha *maklum deh ya pengangguran banyak acara hihihi*. Akhirnya hari ini memutuskan untuk menyelesaikan postingan ini karena sayang juga kalau nggak diupload, karena ini untuk diary pribadi aku sendiri, biar sekalian nyimpen foto jugak hehe..

Jadi sebenernya liburan ke Lombok nya sih udah lama banget, tepatnya tahun lalu (iyeh, se-LAMA itu ni post nangkring di draft folder, oops!). Jadi kita kesana sewaktu belum ada gempa besar yang melanda Lombok. Kebetulan waktu itu kita kesana ngelilingin pulau Lombok, jadi nggak cuma datengin pusat wisata yang mainstream seperti the three gilis (gili air, gili trawangan, gili meno), tapi kita juga mengunjungi Lombok bagian barat dengan gili-gili nya yang lebih sepi dari wisatawan (berasa pulau sendiri).

Kita juga berkesempatan mengunjungi area gunung Rinjani yang ada di Lombok bagian utara. Semuanya hanya dalam waktu 3 hari saja hehe Kalau bukan karena bantuan tour guide kami selama di Lombok yang luar biasa rasanya nggak mungkin kami bisa kelilingi Lombok dari ujung ke ujung seperti itu.

Anyway, post ini adalah post khusus untuk #ootd selama liburan di Lombok yaa. Mungkin barangkali ada yang sedang ingin liburan ke pantai / daerah tropis tapi nggak mau pakai baju yang terlalu terbuka, siapa tau kalian bisa dapat inspirasi dari post ini. Aku sendiri bukan yang stylish2 amat sih, tapi aku selalu dandan sesuai tempat aja (nggak yang maksa pake heels ke pantai misalnya, aku kalo liburan nggak pernah bawa heels, semua teplek alias flat ajah biar nggak cepet capek hehe Karena liburan ku pasti banyak jalan kakinya).

Itu yang musti diinget kalau ke Lombok sih guys. Permasalahan footwear. Sebisa mungkin pakai yang super simple (kalau bisa yang tetep chic dong hihi). Apalagi ke Lombok ini aku musti naik turun boat karena pindah-pindah dari gili (pulau) satu ke gili lainnya. By the way, gili itu artinya pulau guys hehe.. Jadi nggak mungkin lah pake footwear yang ribet kalo mau kena pasir, air laut, naik turun boat dari pinggiran pasir pantai hehe..

Iya disana naik boat-nya bukan yang pake deck / geladak gitu tapi langsung dari pantai pinggir lautnya naik ke atas perahu nelayan pake tangga kayu pendek yang dicantolin ke kapalnya.. Pasti basah sih kaki karena pasti nyemplung dulu ke air laut. Jadi jangan pake keds yah. Pake sendal terbuka yang bisa ditenteng (kalau kamu memutuskan untuk bare foot di pantai), atau ya pake model sendal jepit / gladiator shoes aja udah aman ;)

Untuk tas juga jangan bawa yang ribet. Pastinya kalau bisa bawa tas yang ada ritsletingnya, jangan tas yang model terbuka gitu atasnya. Karena takut ribet pas naik boat / perahu nanti isinya pada jatuh berhamburan semua. Atau nanti juga bisa kemasukan pasir kalau di pantai. Ribet lah itu bersihinnya kalau kena pasir basah kan. Jadi pakai yang tertutup dan kualitasnya bagus. Apalagi kalau tour kamu mobile banget kaya kita kemarin itu. Kebetulan aku bawa tas Longchamp Le Pliage ku yang emang tahan banting banget dan muat segala macam. Enak banget itu buat traveling. Karena tas nya tertutup, ringan, diisi macem2 masih muat aja, plus exteriornya asli tahan banting banget hahaha...

Wearing : Double layer dress {vintage, thrifted}
Sling Bag {Rebecca Minkoff Mini Mac} | Sandals {Payless}

Untuk pilihan outfit sendiri sih aku biasanya prefer light clothing untuk liburan di pantai / pulau karena tau sendiri matahari kan panasnya kaya gimana kalau siang. Tapi aku juga selalu sedia outer layer macam cardigan atau syal tebal atau sweater tipis untuk malam harinya dimana angin laut selalu bertiup lebih dingin.

Contohnya seperti foto diatas ini, Day 1 waktu ke airport kita naik pesawat subuh. Karena aku nggak kuat dingin (apalagi AC pesawat kadang suka dingin banget) jadi aku udah prepare bawa jaket Adidas tipis ku yang warna pink. Dan karena begitu landing kita bakal langsung ke tempat wisata sebelum ke hotel maka aku udah pakai outfit yang "siap foto" hihihi..

Aku pakai maxi dress ala-ala bohemian gitu lengkap dengan renda-rendanya. Jadi jaketnya aku cuma pakai selama di airport dan pesawat aja. Tas nya untuk sehari-hari / daily tour gitu aku pilih yang simpel dan model selempang, jadi tangan bisa bebas untuk (misalnya) pilih pilih kain Lombok atau cinderamata lainnya hehe..

Turun pesawat kita langsung makan nasi balap puyung depan airport (pedes endeuss), lalu ke desa Sade, dan langsung menuju ke daerah Sekotong di Lombok bagian barat untuk menyebrang ke Gili Nanggu untuk snorkeling, main pasir di Gili Kedis, dan terakhir menyebrang lagi ke Gili Sudak tempat kita menginap.

Dari airport sampai menyebrang dengan kapal ke Gili Nanggu aku masih tetap pakai baju yang sama (yang maxi dress tadi diatas). Ketika sampai di Gili Nanggu untuk santai di pantai dan snorkeling baru aku ganti baju dengan outfit yang lebih cocok untuk bermain di pantai.

Maxi dress nya aku ganti dengan baju renang untuk snorkeling, tapi karena aku nggak cukup pede pake baju renang sebelum sampai ke pantainya jadi aku layer lagi dengan beach cover up (psstt, btw cover up ini sekarang on sale di toko preloved saya @fash.ionisme hehe).

Wearing : Turquoise Beach Cover-Up {bought online}
Purple Batik Kawung Skirt {c/o Roxy/Quiksilver} | Beach Hat {bought online}

Setelah puas snorkeling dan bermain pasir serta pindah-pindah pulau akhirnya pada sore hari kami pun tiba di Gili Sudak dimana kami akan menginap pada malam harinya. Gili Sudak ini pulau kecil yang hanya ada satu resort disitu. Bungalow nya juga sedikit dan kebetulan pada saat itu yang menginap disitu sepertinya hanya 3 bungalow saja yang terisi (sudah termasuk bungalow kita) jadi seperti menginap di pulau pribadi saja rasanya karena hanya ada kita dan staff hotel yang hanya beberapa orang saja.

Anyway, ketika sampai di resort kita langsung buru-buru mandi dan ganti baju untuk jalan sore menyusuri pantai dan mengejar matahari terbenam di ujung pulau. Sungguh pemandangan yang sangat indah. Untuk outfit sore hari keliling pulau sekaligus makan malam di pantai aku pakai dress cold-shoulder dengan motif mediterranean (yang sebelumnya udah pernah ku pakai juga untuk liburan di Anyer).

Oya aku juga ganti topi lebar dengan fedora hat milik suami. Sendalnya tetap si Payless kesayangan yang paling enak dipakai liburan outdoor gini.

Wearing : Cold-Shoulder Dress {bought online}
Fedora Hat {punya suami} | Sandals {Payless}

DAY 2, kami mulai dengan kembali ke pulau utama Lombok setelah puas bermain di pulau-pulau kecil di sekelilingnya. Tujuan utama kami sekembalinya ke Lombok adalah mengunjungi Bukit Sembalun di Lombok Utara. Perjalanan yang kami tempuh cukup jauh, lumayan makan waktu beberapa jam sebelum sampai ke area Gunung Rinjani dan Bukit Sembalun. Sebelumnya kami juga sempatkan diri untuk mencicipi Ayam Taliwang khas Lombok :)

Maxi Dress kembali menjadi andalan ku. Kebiasaan aku itu adalah membeli baju baru untuk dipakai liburan biar fotonya bagus hahaha.. Jadi maxi dress gaya overall ini adalah salah satu baju yang aku beli untuk liburan Lombok ini. Belinya online aja, nggak ada merknya, tapi saya suka model overall-nya yang bisa dipadu padankan dengan dalaman macam-macam. Kali ini aku padukan dengan kaus stripes navy-white gaya sabrina. Tali overall nya juga bisa dilepas kalau mau dipake sebagai rok panjang. Jadi sebenernya multi-fungsi juga dress ini hhehe...

Wearing : Overall Maxi Dress {bought online}
Stripe Top {Stradivarius} | Wide Hat {bought online}

Sendalnya masih sama yah dengan yang kemarinnya karena aku emang cuma bawa satu sendal aja di trip kali ini. Secara liburannya cuma tiga hari cyinn jadi ngapain bawa banyak-banyak yekann hehe..

Puas foto-foto di area Gunung Rinjani dan juga di Bukit Sembalun kita sempatin ngopi di bawah pohon rindang di pinggir hutan di bawah kaki bukit Sembalun. Duh, ini sih pengalaman yang nggak akan terlupakan banget. Ngopi di bawah pohon rindang di pinggir hutan dengan bangku dan meja dari potongan kayu pohon yang kesannya rustic banget. Rustic nya bukan yang dibuat-buat biar stylish ya, tapi emang originally rustic hihihi...

Walaupun penggemar kopi tapi aku nggak bawa pulang kopi Sembalun karena rasanya pahit sekali di mulutku. Aku harus tambahkan 2-3 sachet susu kental manis ke dalam segelas kopi Sembalun biar bisa diminum karena aku nggak suka kopi pahit hehe..

Sorenya kita segera bergegas ke pelabuhan Bangsal untuk menyebrang naik kapal ferry menuju ke 3 Gili yang lebih populer yaitu Gili Air, Gili Meno, dan Gili Trawangan. Ketiga Gili ini adalah gili yang populer dan paling banyak didatangi wisatawan, ibaratnya kaya tourist island gitu. Beda dengan tiga gili yang kemarin kami kunjungi di Sekotong yang lebih sepi dan jadinya terkesan lebih private karena belum banyak turis.

Anyway, karena niatnya mau ngejar sunset jadi kita ngebut di jalan karena mau naik ferry yang jam 5 sore supaya masih bisa sampai di Gili Trawangan sebelum sunset. Perjalanan dari Selong/Sembalun ke pelabuhan Bangsal cukup jauh dan makan waktu beberapa jam karena letaknya di belahan pulau yang berbeda. Intinya kami gagal lihat sunset karena di pelabuhan ternyata masih harus antri lagi. Dan ternyata di Gili Trawangan juga ramai sekali dengan turis jadi sepertinya sia sia saja mau menikmati sunset pasti ramai dengan orang.

Malam itu kami mandi dan berganti baju untuk mencari makan malam di sekitar hotel tempat kami menginap. Karena suasana pulau yang ramai dengan orang, jadi cuaca terasa agak gerah. Aku memilih memakai romper saja yang simpel dan anti gerah. Tapi aku juga bawa scarf (just incase  saja) karena angin malam dari pantai suka bikin masuk angin hehe Maklum, faktor "U" ;p

Wearing : Romper {H&M} | Scarf {made in Lombok}
Bag {Rebecca Minkoff Mini Mac}

Oya, scarf yang aku pakai di foto diatas ini adalah scarf yang aku baru beli kemarin harinya dari seorang pengrajin kain di desa Sasak. Aku suka motif dan warnanya yang khas "Indonesia Timur". Bahannya juga bagus karena benang yang dipakai juga bagus dan nggak terkesan murahan. Malah kaya yang dijual di Alun-Alun Grand Indonesia hihihi..

Anyway, Gili Trawangan terkenal dengan kehidupan malamnya yang ramai. "The island that never sleeps", is what they say. Tapi karena aku dan rombongan bukan yang tipe liburan untuk party2, jadi bye bye aja deh segala club dan live music di sepanjang jalan. Kami memilih untuk beristirahat dan tidur di kamar saja supaya besok bisa kembali segar lagi :)

Day 3, kami bangun pagi sekali untuk cari sarapan, dan setelahnya ke tempat sewa sepeda di tempat penyewaan yang ada di depan hotel. Di Gili Trawangan ini kendaraan mesin nggak boleh ber-operasi, jadi sepanjang jalan cuma ada orang-orang naik sepeda dan delman.

Sebenernya aku tuh bisa naik sepeda (karena dari kecil udah sering main sepeda kok), tapi setelah gede karena udah nggak pernah naik sepeda lagi jadinya rada kagok gitu naik sepeda, jadi nggak pede dan takut jatoh hehe. Nah kebetulan di Gili Trawangan ini jalannya itu nggak semuanya mulus. Jalannya juga bukan dari aspal tapi batu-batuan dicampur pasir gitu lah. Dan di beberapa tempat banyak bolongnya. Permukaan jalannya juga nggak rata, selain banyak bolong dan campur dengan pasir, jalannya juga sedikit naik turun. Selain itu kendala lainnya adalah rem sepeda ku yang nggak pakem. Dan perpaduan jalan nggak rata tersebut dengan skill ber-sepedaku yang rendah = chaos! hahaha.. Maklum lah, aku pas udah gede gini bener-bener nggak bisa naik sepeda, karena bawaannya takut jatoh mulu hahaha *parah yak?*

Daaan memang terbukti di Gili Trawangan naik sepeda sampai jatoh 2 kali di jalan, plus hampir mau nyusruk masuk ke semak-semak, oh Lord tolong akuh.. (^0^)

Buuut, that doesn't stop me from having fun! Walaupun jatuh dua kali dari sepeda gara-gara nggak bisa nge-rem dengan baik (sampai kena aspal dan jatuh di depan banyak orang, oh Lord..) tapi aku tetap semangat dan dibawa santai aja ketawa-ketawa hahaha Emang lucu sih kalo diinget-inget, jadi part of the vacation story yang tak terlupakan hihihi

Wearing : Cold-Shoulder Top {bought online}
Lace Shorts {c/o Chicnova} | Sunglasses {Payless}
Bag {Rebecca Minkoff Mini Mac} | Sandals {Payless}

Untuk kegiatan pagi sebelum check-out alias sepedaan keliling pulau, aku pakai another cold-shoulder top (karena saat itu cold-shoulder top kaya gini lagi nge-trend banget hehe). Trus aku paduin sama celana pendek bahan lace yang pernah juga aku pakai ke Anyer beberapa tahun lalu. Emang ini celana enak banget dipakenya. Kalau basah cepet kering, dan walaupun celana pendek tapi karena bahannya lace jadi keliatan cantik kalau difoto hihihi..

Anyway, setelah check out siang harinya, kami pun antri menunggu kapal yang akan mengantarkan kami kembali ke pulau utama Lombok. Jadi Lombok itu dikelilingi oleh banyak pulau seperti layaknya "kepulauan seribu dan Jakarta" gitu deh kira-kira.

Kami janjian di pelabuhan Lombok dengan tour guide kami yang merangkap driver selama di Lombok. Oya, sebelum check out dan menyebrang dengan kapal kami sempatkan diri untuk mandi lagi di hotel karena keringetan abis sepedaan. Aku udah siapin outfit selanjutnya yaitu blus model sabrina dari bahan lace (yes, I Love lace incase you haven't noticed ;p), yang aku paduin sama celana loose palazzo motif floral.

Aku emang gak suka pake jeans kalau liburan ke tempat panas outdoor kaya gini, karena pasti kaki jadi lembab dan berasa lengket sama keringat yang menempel di dalam jeans (ewww!). Jadi biasanya aku lebih prefer bawa celana longgar bahan tipis atau maxi dress yang flowy gitu. Biar tetep adem kan ;) ..

Wearing : Off Shoulder Lace Top {garage sale}
Palazzo Pants {Bazaar purchase} | Choker {very old one!}

For the last leg of our trip we went to a few beaches before we left for the airport. Lombok has sooooo many beautiful beaches! And most of them are not really crowded with tourists (well, at least some of the beaches I went to). Kalau dibandingin sama pantai-pantai di Bali aku lebih prefer pantai-pantai di Lombok. Eventhough Bali and Lombok are close-by islands but the tourists are more concentrated in Bali than in Lombok. So make sure you also visit Lombok if you're traveling to Bali :)

Kita sempat menikmati pemandangan pantai Malimbu, pantai Tanjung Aan, dan pantai Kuta yang pasirnya butirannya gede-gede, hampir sebesar biji kemiri! We also watched another sunset, this time from the top of a hill ! Kita mendaki bukit pendek namanya bukit Merese (atau juga dikenal dengan sebutan bukit teletubbies karena bentuknya yang seperti "domes" alias rumah teletubbies). Dari bukit ini kalian bisa lihat pemandangan yang bagus banget, kalian bisa lihat pemandangan dua pantai yang berbeda. Pantai Tanjung Aan di sudut satunya, dan pantai Kuta di sudut yang lain. Karena bukit ini berada diantara dua pantai tersebut. Pokoknya bagus banget deh view-nya (foto atas).

Kami stay disitu sampai matahari terbenam. Watching sunset disini itu bikin merinding dan bikin bersyukur atas karuniaNYA. Karena view sunset nya bagus banget dilihat dari atas bukit. Kalian harus kesini kalau kalian liburan ke Lombok deh pokoknya :)

Selesai sunset, ketika langit beranjak gelap kami pun segera kembali ke mobil untuk perjalanan menuju airport. Tour guide kami, Eca, langsung ngebut dari Bukit Merese ke airport supaya kami nggak ketinggalan pesawat. We arrived just in time, dan pesawat pun berangkat early karena semua penumpang sudah masuk di cabin sebelum waktu keberangkatan. Kami tiba kembali di Jakarta sekita 2 jam kemudian, dengan memory yang indah serta rasa syukur yang berlimpah karena bisa mendapat karunia bisa melihat keindahan alam yang seperti tiada habisnya. Lombok is really beautiful... dan aku enjoy banget liburan yang kaya gini, yang agendanya lihat pemandangan dan relaxing santai-santai. Alhamdulillah..

So, to end this post I'm gonna have to stop here. Maaf yaa kalau post ini ternyata kok jadi panjang hahaha.. Awalnya aku nggak ada maksud bikin post sepanjang ini loh, tadinya cuma mau post beberapa foto sama keterangan ootd nya aja, eh taunya kok jadi cerita detil hihihi..

Kayanya once I typed the intro of this post the memory of the trip started to flow back to my brain and my fingers just typed all of these words, reminiscing our tropical vacation :)

I hope you're not bored with my story hehe...
Seeing the photos on my IG is making me feel happy. I just love that turquoise tone on my IG timeline! Isn't it a beautiful color?

Anyway, I still have another trip story / trip ootd post that I will post soon (which is the Singapore trip which I just had recently), so please stay tune for that if you like reading these kinds of posts.

But for now, have a nice week guys!
And have a beautiful weekend too !