Review: Ciciero Bag (Tiara in black)

12:29:00 AM

Beberapa minggu sebelum lebaran saya sibuk mencari tas hitam karena kebetulan saat itu tas hitam saya yang lama kayanya udah nampak tersiksa banget dan kayanya udah ga mungkin dipake lagi. Setelah wara-wiri di mall dan tetap belum menemukan tas hitam yang tepat tiba-tiba saya inget Ciciero Bags. Eh pas banget saya lagi lihat-lihat website nya ternyata di salah satu forum FD ada info bahwa Ciciero akan mengadakan Sale dua hari! Wah, ini pasti pertanda! Pertanda bahwa saya harus beli si tas Ciciero ini ;P

Kebetulan ini adalah pengalaman pertama saya membeli tas Ciciero.
Setelah melihat-lihat beragam tas warna hitam di website nya saya naksir sama salah satu tas model klasik: Tiara Black. Although I usually say No to croc-leather bags tapi berhubung lagi diskon dan ditambah Free Ongkir (!) -plus karena saya juga udah desperate banget berminggu-minggu hunting tas hitam belum nemu juga- akhirnya saya memutuskan untuk membeli Tiara black pada saat diskon berlangsung.

Dengan penawaran Free Ongkir (ongkos kirim) ditambah diskon 50 ribu, saya dapat great bargain. Dari harga asli IDR 275.000 (belum termasuk ongkir), saya hanya membayar IDR 225.000 total.

Dan ini review kualitas tas nya:

Seperti dapat dilihat diatas, tas nya terbuat dari kulit motif crocodile yang bahannya lembut banget. Saya agak surprised pas lihat pertama kali karena tas nya bagus banget!
Nggak seperti tas kulit croco biasanya yang cenderung keras dan nggak fleksibel, si Tiara Black ini kulitnya lentur banget, jadi bisa ditekuk dan nggak kaku. Material nya keliatan bukan material murahan, jadi tas ini sesuai banget sama harganya deh, ada harga ada mutu ;)

Brassware nya juga nggak keliatan cheap, keseluruhan tas terlihat sturdy dan ekslusif. Bagian dalamnya dilapis kain yang soft dengan banyak kantong ekstra (sayangnya saya lupa foto bagian dalamnya). Tampak asli nya persis sama dengan yang dilihat di website, malah aslinya menurut saya nampak lebih bagus. Selain double handle untuk dicangklong di pundak, juga ada tali panjangnya. Modelnya yang klasik membuat tas ini cocok untuk segala suasana :) Overall, saya puas dengan kualitas dan tampilan si Tiara black ini.


Hmm, tapi sayangnya saya punya sedikit uneg-uneg dalam hal service:

Ceritanya, saya membayar tas tersebut sehari setelah saya confirm pembelian saya yaitu hari Kamis. Pihak Ciciero memberitahu saya bahwa tas nya akan dikirimkan hari Jumat keesokan harinya dan ia juga bilang biasanya hari Sabtu sudah sampai. Wah, kebetulan hari Rabu depan nya saya ada event dan memang berharap sekali bisa pake si Tiara ini ;)

Tapi ternyata hari Sabtu si tas tak kunjung datang. Hmm, mungkin nanti Senin datangnya.

....Senin sore tidak ada kurir yang dateng anter tas. Saya sempet tweet dengan mention ke Ciciero, berharap semoga tas saya hari Rabu pagi sudah datang karena rencana nya saya mau pakai ke event. Twitter Ciciero menanggapi, yang saya tangkap twitternya bilang kurang lebih Selasa pagi palingan udah sampe.

Sampai hari Rabu tiba tas masih belum datang (sebenarnya ini udah agak aneh mengingat udah dikirim dari hari Jumat dan biasanya kurir perlu 2-3 hari kerja untuk antar tas daerah Jakarta). Ya sebenarnya agak kecewa karena gak jadi pake tas baru di event fashion yang saya tunggu-tunggu itu. Tapi ya sudahlah, mungkin karena sudah menjelang lebaran jadi schedule kurir pun berantakan.

Lalu lebaran pun tiba, tas masih tak kunjung datang...

Seminggu setelah lebaran.. tas masih tak kunjung datang...

Saya kirim message ke Ciciero menanyakan tas saya yang belum datang, jawabnya sepertinya ada mis-communication yang membuat tas saya belum terkirim.

LOH? Kok bisa?? Lah kan TIGA minggu lalu katanya tas saya udah dikirim hari Jumat itu?? Jadi sebenernya belum dikirim kah?

Oke, karena di message tersebut pihak Ciciero meminta maaf dengan tulus akhirnya saya pun tidak ambil masalah, karena saya pikir saya juga masih bisa pakai tas lain yang ada di lemari saya.

Beberapa hari kemudian, owner nya sms saya menanyakan apakah tas saya sudah sampai. Saya jawab belum. Lalu ia memberitahu saya bahwa katanya Admin nya berhenti jadi ada something missed dalam penanganan order. Ia berjanji akan segera membuat tas baru dan akan langsung mengirimkan lagi ke saya secepatnya.

Oke, berarti itu sudah hampir 4 minggu dari saya membayar tas tersebut.
But that's okay... Dulu saya juga pernah jadi online seller, and I understand that these things happens.. Kadang suka ada aja sesuatu yang error.. so saya nggak menyalahkan sama sekali. Hanya saja sebagai pembeli tentu saya berharap tas saya cepat datang, di pikiran saya waktu itu: "Saya terakhir menanyakan tas tersebut kan sudah 1 minggu lalu, masa sampai sekarang tas nya pun bahkan belum dibuat? Jadi saya harus nunggu lagi?"

Dan baru DUA minggu kemudian saya benar-benar menerima tas nya. Itu pun malam sekali, sekitar jam 10 malam ada yang mengantarkan tas ke rumah. Jadi ya total kira-kira sebulan lebih lah dari waktu yang dijanjikan.

Lalu seminggu kemudian, ada kurir lagi yang mengantarkan tas yang sama persis ke rumah saya. Sepertinya double kirim, dengan niat baik saya sms sang owner dan memberitahu bahwa akhirnya saya sudah menerima tas saya tetapi rupanya ada double kirim ke rumah saya. Sang owner meminta tolong saya mengirim kembali salah satu tas tersebut. Owner nya sih baik kok, berniat baik dengan minta maaf di message nya. Saya pun setuju mengirimkan balik.

Walaupun sebenarnya dalam hati jujur aja saya agak malas karena TIKI yang paling deket rumah saya itu harus naik ojek yang bolak-balik ongkosnya 10 ribu. Belum lagi musti bayar ongkos kirim nya karena sang owner nggak menyinggung apapun tentang siapa yang harus membayar ongkirnya.

Bukannya pelit cuma masalah uang 15 ribu doang, tapi maksud saya, saya kan awal nya beli tas nya karena ada iming-iming diskon 50 ribu dan free ongkir. Nah kalo end up nya kaya gini berarti sama aja saya cuma dapet diskon 35 ribu plus sama aja nggak free ongkir dong. Ya nggak sih? Plus saya harus jauh-jauh ke TIKI nya itu lohh.. kalo cuma di sebelah rumah sih gapapa deh, ga keluar extra effort hehe (maklum saya agak pemalas huhuhu)..

Ya sebagai mantan online seller, yang ada di pikiran saya saat itu: kalau saya jadi penjualnya saya pasti otomatis berpikir saya telah merugikan pembeli. Pembeli mendapatkan barang dalam waktu lama (lebih dari satu bulan) padahal dijanjikan akan sampai dalam dua hari. Ditambah sang pembeli masih harus direpotkan dengan perlu pergi ke TIKI untuk mengirim kembali kelebihan tas yang bukan salah si pembeli. Selain rugi waktu dan tenaga (karena belum tentu ada jasa kurir dekat rumah/kantornya), si pembeli tentu juga harus mengeluarkan ongkir untuk kirim balik kan?

Dengan banyaknya kerugian yang dialami pembeli, kalau saya yang jadi penjual saya pasti otomatis langsung buru-buru kasih kompensasi biar pembeli gak kapok (plus minta maaf juga pastinya). Dulu pernah ada buyer yang beli baju di saya tapi karena sesuatu hal baju tersebut rusak, saya lalu minta tolong kirim balik untuk ditukar dengan yang baru (tentu dengan janji di awal bahwa ongkir akan saya ganti). Untuk yang barangnya kelamaan dikirim saya biasanya kasih some free stuffs sebagai complimentary. Bisa bros kecil kek, dompet koin kek, ga harus mahal tapi yang penting niat nya nyampe ;) Dan untuk buyer yang terlanjur kecewa karena hal lain saya biasanya kasih suatu bentuk kompensasi misalnya dalam bentuk potongan harga pada barang yg sudah dibeli (dengan cara ditransfer balik) atau diskon untuk pembelian selanjutnya, atau apapun bentuknya lah ... saya pikir si pembeli really deserves it because of the disappointment and all the extra troubles..

But that's just my personal opinion ... ;)

Well, anyway dengan pengalaman pertama saya membeli tas Ciciero seperti di atas, mungkin dalam waktu dekat ini saya akan pikir-pikir untuk membeli lagi. Mungkin nanti-nanti kalau service nya udah lebih mapan, udah fully-staffed, dan sudah lebih profesional saya akan mencoba membeli lagi karena memang kualitas tas nya bagus sekali. I really recommend the bags they sell, but based on my experience as above, I'm not really sure about their service ^o^ So it's up to you.. Dan lagi, mungkin saja hal di atas hanya terjadi pada saya dan tidak pada pembeli Ciciero lainnya. This is just my personal experience and review, bukan berarti yang lainnya juga pasti mengalami hal yang sama ya, kali aja kemarin itu saya lagi ketiban sial aja ;)

I wore it to the book store and match the black/gold wares on the bag with some black/gold bracelets ;)


UPDATED INFO:
Beberapa minggu setelah menulis review ini ternyata ada teman yang juga mengalami perihal yang sama dengan saya yaitu masalah "Bad Service". Detail kejadiannya sih beda dengan saya, tetapi intinya sama yaitu dia ada komplain soal tas nya namun tidak mendapatkan tanggapan sesuai yang diharapkan, sampai akhirnya teman saya kesal sendiri dan memutuskan untuk tidak meneruskan komplainnya karena menurutnya buang-buang waktu saja ;p
Tapi tetap saya mau tekankan bahwa: kualitas tas nya memang bagus, hanya saja service nya masih sangat perlu ditingkatkan ;)

You Might Also Like

10 thoughts & comments

  1. Pretty blog :D

    http://thefashionbook1.blogspot.com/

    ReplyDelete
  2. wah, artikel tentang ciciero ini pas banget...
    pas pengen beli ciciero, googling dulu, jadi bisa siap2 antisipasi yah...
    thank u sista, n lam kenal :)

    ReplyDelete
  3. @Bunda Ayra: iya siap2 dulu aja bunda hehehe soalnya temen blogger ku jg ternyata pernah punya pengalaman yg kurang enak juga pas beli tas disitu, mudah2an sekarang service nya udh lebih baik yaa :) Salam kenal jugaa..

    ReplyDelete
  4. Halo! Udah 2x beli di Ciciero, biasanya dateng langsung jadi asiiik milih2 bebas. Gak pernah kejadian bad service sih, sms cepet dibales, welcome banget sellernya. Mudah2an cepet balik lagi servicenya biar buyer gak pd lari. Soalnya tasnya keren banget sih :)

    ReplyDelete
  5. just share my experience too,

    aku juga mengalami hal yang sama dengan their service. aku order tas yang adminnya bilang stock ready. setelah aku pesan admin memberi harapan paket akan dikirim besok 1 hari sampai, secara pake paket 10rb express dari masi di daerah jakarta. memang aku baru bayar mlm hari dan baru sempat konfirmasi pembayaran keesokannya. tapi dari hari konfirmasi sampai dengan di terimanya pembayaran itu lebih dari satu minggu :(..
    karena aku males untuk komplaint, aku biarin aja.
    tidak ada permintaan maaf atas konfirmasi dari pihak ciciero atas keterlambatan pengiriman.

    berasa dibohongin sama paket expressnya..

    ReplyDelete
  6. Hi Yuri! Salam kenal yaaah! ;)
    Review kamu ini termasuk jadi peganganku loh sebelum fix order ke ciciero.

    Finally aku jadi order, daaaan... Kalau menurut aku pelayanannya bagus. Aku email, gak sampai 30 menit dibalas kasih invoice, trus bayar deh...dan lusanya tas sampai :-)
    Aku pilih DREW TAN dan emang bagusssss banget, yang bangga gitu deh karena ini produk indonesia hihihihi.

    Mungkin ciciero emang meningkatkan pelayanannya kali yaaah saat ini, karena sadar dengan bagusnya kualitas (dan harga) kalau gak dibarengin sama good (excellent) services ya orang bakal kabur aja gitu.

    Oiya, next aku pengen beli tiara..kena racunmu nih beneran. Keliatan real banget gambarnya disini n akupun jatuh cintaaa hahahahaha. Yasud, thank you yah reviewnyaaaa ;)

    Dila
    (nengmumun.wordpress.com)

    ReplyDelete
  7. Hai Dila,
    Terima kasih banyak udah baca blog aku dan dijadiin pegangan hehe Iya service nya sekarang udah makin bagus, dan ini tas yang aku beli di post ini sekarang umurnya udah 4 tahun tapi masih baguuusss kaya baru :D

    Padahal aku termasuk yang abusive kalo pake tas alias suka sembarangan taro dimana2, ga pernah dibersihin dll, tapi tas ini terbukti kualitasnya oke banget. Udah 4 tahun tapi belum ada cacatnya satu pun padahal hampir tiap hari aku pake selama 4 tahun itu hehehe

    Memang Recommended banget kalo untuk kualitasnya Ciciero. Ah gara2 baca komen kamu sekarang aku yang jadi kepengen beli lagi hahaha

    Thanks udah mampir ya :)

    ReplyDelete
  8. Hai yuri,

    Aku juga penggemar tas ciciero, pertama x beli thn 2010 n sampe skrg msh awet.

    Terakhir order juli 2015 abby backpack grey dg sistem PO. Nah ini servicenya mengecewakan bgt...

    Bilangnya PO 2 minggu, tp stlh sebulan ditanyakan msh blm selesai krn overload pemesanan katanya.
    Abis itu aku lupa, sebulan kemudian dr ciciero kirim wa yg menyatakan krn sesuatu hal abby backpack grey tdk jd diproduksi trus mrk tny mau tukar dgn tas lain kah???? Hello kenapa aku ngerasa dirugiin bgt nih, akhirnya kubilant minta refund krn kesalahan bkn di aku.

    Tp sampai skrg (des 2015) refundnya blm dikembalikan. Aku sampe bosen nge wa n line, krn klo ditelpon selalu tidak nyambung.

    Hello ciciero gmn nih servicenya, mutu tas sih bgs, tp klo mutu service di bawah rata-rata pelanggan juga kabur.

    NB: aku beli tas di bln juli itu 2 (drawstring ikat n abby backpack grey krn ada promo beli 2, diskon 30% utk pembelian ke-2, si ikat udah sampe tp si abby ngga datang2. Btw, lapisan dlm si ikat udah sobek jahitan dlm jangka waktu 1 bln trus aku kirim utk diperbaiki tp sampe skrg blm selesai juga).
    Jd ciciero msh hutang banyak ke aku

    Pelanggan yg sangat2 kecewa

    ReplyDelete
  9. Hi Yunia,

    Wah turut sedih dengernya, semoga masalahnya bisa cepat selesai ya. Dihubungi aja terus contact Ciciero nya say, karena mungkin gak kepegang sama mereka karena overload. Diingetin terus aja pihak ciciero nya hehe. Mudah-mudahan masalahnya bisa cepat selesai yaa..

    ReplyDelete

I really appreciate all your comments, thanks for commenting here and sharing some love !
I will return the favors by checking out and comment back on your blog ^o^

A Proud Member of :

Also A Part Of :

Blogger Perempuan

Popular Posts

Labels

1 item 4 ways Accessories Ahaishopping Althea Ampoules Antipodes Armando Caruso ASOS Bag of News Bags Bath & Body Works Bath and Body BB Cream Beauty Box Beauty Clinic Beauty Korea Beauty Sets / Kits Beauty Stuffs Beauty Treats Box Benefit Cosmetics Bioderma Brands and Designers Burts Bees Carings CC Cream Celebs Style Chicnova Circle Lens Clarins Cleansing Oils Closet Edit Clothing Corine de Farme Cosmetics Cow Brand D.I.Y D'Eyeko DD Cream Do Good While You Shop Dorothy Perkins Dove Dream List Dry Oil Empties Estee Lauder Etsy Etude House Events Eye Treatments Eyebrows Eyeliners eyeshadows Face Mask Face Of The Day Face Oil Face Scrub Face Serum Face Toner Face Wash Face-Off Review Fake Eyelashes Fashion Fashion How-To Fashion Looks Fashion/Shopping-related First Blush Box Fragrance French Brand From My Stash Furatasse Giveaways Givenchy Guess H&M Hair care hair extension Hand Care Hand Creams Hauls and Freebies Highlighter/Bronzer Himalaya Herbals History on Beauty/Fashion Hot Deals and Offers IBB Ideas n Inspirations Instagram IPL Treatment Jakarta Fashion Week 10/11 Jakarta Fashion Week 11/12 Japanese brands Jewelry Jimmy Choo Juara Kanebo KBJ Stars KoreaBuys Korean Brand Korres Lip Products lip scrub Lippies Of The Month Loccitane Lola Box Look Book Lush Made in Indonesia Make Up Brushes Make Up Forever Makeup Remover Mascara Maybelline Mini Showcase Missha Moisturizer Monthly Favorites MUA My Beauty Regimes My Konjac Sponge My Styles nail polish Natural and Earth Friendly Night Cream Nihonmart Nuxe NYX Oasap Oscar Blandi OST C20 Outfit Poll Pamper Day Perfumes Personalized Product Replacements reebonz Reviews Revlon ROXY Sally Hansen Sampar Sariayu Scented Candles SheInside Shoes Shu Uemura Skin Food Skin79 Skincare Soap & Glory Sociolla Spa Review Style Book Sunscreen Tagged posts Talika Talika 30 Days Challenge The Body Shop The Face Shop Tony Moly TTT's Achievements Valentine Series Vanity Trove Victorias Secret Wardah Weekly Facial Mask What I Wear Today What To Wear What's In My Shower What's Inside My Bag Where To Shop Yearly Highlights