[Shopping Diary] : Pasar Baroe THRIFT Haul

9:37:00 PM

Udah lama nggak nulis tentang haul nih..
Basically I love shopping, - Well which girl doesn't like shopping, right? Nah karena pada dasarnya suka belanja jadi aku suka belanja dimanapun, mau itu di mall, di bazaar, di toko - toko kecil atau butik yang belum punya nama, dan bahkan di pasar loak sekalipun. Nah kali ini mau share tentang my thrift haul to Passer Baroe.

Inget banget pengalaman pertama thrifting tuh waktu aku masih kuliah di Bandung. Pergi thrifting sama temen-temen ke pasar Cibadak (nama kerennya Cimol, - maksudnya Cibadak Mall kali yee, entahlah..).

Anyway, seneng banget waktu itu tiap abis ke Cimol. Sensasi ngubek-ngubek rak di tiap kios, terus pas nemu baju keren yang masih bagus (apalagi kalo nemu yang "branded" alias yang merk terkenal, rasanya kaya nemu harta karun! Apalagi harganya yang udah murah masih bisa ditawar pulak!). Bener-bener serasa nemu harta karun karena bawa pulang banyak baju tapi ngabisin duit cuma dikit hihihi Soalnya kan namanya juga masih mahasiswa yes, kantongnya pas-pasan tapi pengen punya "baju baru" hehe..

Trus pas udah tinggal di Jakarta lagi, karena kesibukan serta lain hal akhirnya udah nggak pernah thrifting lagi. Apalagi kan udah sempet kerja kantoran, punya uang sendiri, trus nikah, dan karena punya uang sendiri itulah makanya belanjanya di mall melulu hahaha Tapi pernah juga kok beberapa kali ke bazaar preloved atau garage sale untuk thrifting, tapi karena kurang info jadi suka nggak tau kapan ada garage sale dan dimana..

Selain thrifting di garage sale dan preloved market aku juga suka cari-cari barang preloved online. Suka nemu aja baju-baju yang lucu (dan mostly from good brand) yang aku temuin online, but that story is for another post :) 

Anyway, cari preloved online itu susah-susah gampang karena kan kita gak tau kondisi real bajunya kaya gimana, namanya beli baju preloved jadi kan lumayan penting untuk tau kondisinya seperti apa. Kecuali kalau harganya murah banget, baru lah merem aja belinya hihihi Intinya, kalau cari baju preloved itu memang lebih enak beli langsung ke sumbernya karena kita bisa pegang dan liat langsung kondisi barangnya masih bagus apa nggak. Jadi selain berburu ke garage sale dan preloved bazaar aku tiba-tiba jadi kepengen ke Pasar Baru dan Pasar Senen.

Sebenernya udah tau dari lama sih ada pasar loak khusus baju di Pasar Senen dan Pasar Baru, tapi karena lokasinya jauh dari rumah jadi nggak pernah ada niatan khusus kesana. Baru akhir-akhir ini aja tiba-tiba pengen nyobain thrifting kesana. Akhirnya minggu kemarin jadilah niat banget ke Pasar Baru, walaupun gara-gara aturan baru ganjil-genap ini bikin pusing cari rute muter-muter dari rumah ke pasar baru (udah jauh jadi tambah jauh deh, hiks). Tapi tak mengapa, karena ku berhasil menemukan harta karun ini from my first thrifting excursion there :


Nemu dua baju vintage yang cantik banget. Jadi kalo aku pribadi mendefinisikan thrifting itu dengan dua jenis : (1) vintage clothes dan (2) preloved. Maksudnya gini, vintage clothes dan preloved itu memang sama-sama bekas pakai sih, tapi kalau vintage itu lebih ke tahun produksi baju itu sendiri. Jadi kan ada tuh yang suka thrifting khusus untuk cari baju-baju lama gitu yang keluaran tahun 60-70an. Jadi yang modelnya bener-bener vintage style gitu. 

Atau ada juga yang thrifting untuk cari baju preloved yang non-jadul, alias baju yang baru keluar beberapa tahun belakangan, misalnya baju-baju merk Uniqlo atau Gap atau merk-merk modern semacam itu lah. Jadi kalau aku pribadi membedakannya seperti itu. Nah kedua baju diatas ini adalah baju vintage alias keluaran tahun jadul hehe. 

Aku nemu dua baju ini kaya nemu harta karun. Karena kondisinya masih baguuss banget. I'm a lace girl. I'm always a lace girl. Jadi kalau nemu yang lace gini tuh udah deh, langsung lemes dengkul hahaha.. Lebay. Anyway, aku nemu dua lace blouse ini seharga 40 ribu ajah satunya, dengan kondisi masih excellent. Yang putih aku suka banget karena warna putihnya masih bagus, dan lace full body, trus ada detail bordiran bunga di sisi kiri dan kanan lengannya. Kalau yang pink juga full lace dengan bahan lace yang lebih tebal, jadi lace nya kaya yang timbul gitu. Warnanya cantik banget dan size nya pas banget sama body ku yang petite ini.



Kemeja warna salmon pink ini juga vintage. Aku dapet ketiga baju diatas ini dari kios yang sama, yang kayanya 80% koleksi bajunya memang vintage semua rata-rata. Dulu waktu masih kerja kantoran aku suka pakai kemeja ala Victorian style yang saat itu lagi hype, yang dihiasi renda atau pokoknya di bagian kerahnya pasti ada detail romantisnya. Nah kemeja ini reminds me of that style. This shirt has a romantic style, dengan warna salmon pink yang lembut, bahannya tipis dingin kaya silk satin gitu, dan detail nya subtle but so pretty : ada embroidery pada bagian ujung kerah, ada scallop edge di pinggir baju dekat kancing, serta hiasan lipit-lipit manis yang subtle. Pokoknya soft and romantic banget lah kesannya. Kondisinya masih bajuuuss. Dan harganya?? Jreng Jreng... Sepuluh ribu sajah saudara-saudara, hahaha! Nothing beats thrifting price :)

Selain ketiga baju diatas aku juga nemu tiga sweater di kios-kios yang lainnya. Nggak tau kenapa dari dulu kelemahanku itu selalu "sweater/cardigan". Jadi kalau shopping sukanya liat-liat sweater atau cardigan, padahal sebenernya jarang dipake juga kan secara di Jakarta panas. Aku pakainya kalau ke mall atau nonton bioskop, atau kalau pas ke Bandung atau liburan di tempat dingin. Nggak sering dipake tapi tetep aja beli terus, heran (*sigh).




Yang sebelah kiri cardigan Marks & Spencer, warna biru toska yang cantik banget. Kondisinya masih bagus banget nggak kaya baju bekas, dan warnanya juga masih terang nggak lusuh. Tadinya sempet ragu apa warna ini bagus di kulitku, ternyata pas dicobain sampe rumah eh bagus banget dan masuk banget sama tone kulitku. Dan walaupun aku udah punya beberapa cardigan tapi kebetulan aku belum punya warna ini :)

Yang kanan sweater rajut dengan kancing depan dari Abercrombie & Fitch. Ini juga kondisinya masih bagus dan warnanya masih terang. Rajutannya belum ada yang bolong, dan sweater ini dua-duanya asli ya, sebelum aku beli aku pasti udah cek dulu sampe ke dalem-dalemnya, liatin jahitannya, periksa care tag nya, dll buat mastiin bajunya asli atau nggak. Karena kalau nggak asli bahannya nanti gak enak dipake kan. Anyway, kedua sweater ini harganya masing-masing 50 ribu aja guys.. Lumejen yes, considering the perfect condition they're in :)





Selanjutnya (dan terakhir), aku nemu cardigan sweater Mickey ini, dan ini asli merk Disney lho! Itu tampak depan dan belakangnya ya. Kalau yang ini kondisinya sudah agak buluk dan warnanya juga sudah mulai agak pudar, tapi aku pikir aku akan pakai ini untuk tidur aja, atau kalau liburan santai bareng keluarga di tempat dingin, so I think it's okay for just IDR 35,000. 

Jadi sesuaikan harga dengan kondisi bajunya ya guys. If you think the price is okay for the condition then why not? Kalo buat aku sih no problem, karena kadang aku juga suka belanja buat baju rumah atau buat baju-baju santai sehari-hari, jadi gak perlu yang masih bagus-bagus amat. Namanya juga preloved guys, kadang nemu yang bagus, kadang nemu yang biasa aja, kadang nemu yang jelek juga. Ya kalau yang jelek gak usah diambil ya, kecuali kalau harganya cuma 5000 hihihi Terserah kalian deh hehe...

Anyway, that is it for my first thrift market haul in Jakarta. Udah lama aku nggak nulis post tentang haul and I forgot how fun it is to write them, so maybe I will start posting my hauls again in this blog, what say you?



Hugs n' Kissies,

You Might Also Like

1 thoughts & comments

  1. belanja thrifting yang jelas kudu teliti biar dapat barang bagus :D

    ReplyDelete

I really appreciate all your comments, thanks for commenting here and sharing some love !
I will return the favors by checking out and comment back on your blog ^o^

A Member Of :

And A Proud Member of :

Also Part Of :

Popular Posts

Labels

1 item 4 ways 7 Days of Sheet Masks Accessories Ahaishopping Althea Ampoules Antipodes Armando Caruso ASOS Avoskin B.Liv Bag of News Bags bath Bath & Body Works Bath and Body BB Cream Beauty Box Beauty Clinic Beauty Korea Beauty Sets / Kits Beauty Stuffs beauty tools Beauty Treats Box Benefit Cosmetics Bio Essence Bioderma Brands and Designers Burts Bees Carings CC Cream Celebs Style Charis Chicnova Chiyou Cicaronic Circle Lens Clarins Cleansing Oils Cleansing Pads Clinelle Closet Edit Clothing Clozette Corine de Farme Cosmetics Cow Brand D.I.Y D'Eyeko DD Cream Deciem Do Good While You Shop Dorothy Perkins Dove Dream List Dry Oil Empties Erha Esqa Cosmetics Estee Lauder Etsy Etude House Events Eye Treatments Eyebrows Eyeliners eyeshadows Face Mask Face Mist Face Of The Day Face Oil Face Scrub Face Serum Face Toner Face Wash Face-Off Review Fake Eyelashes Fashion Fashion How-To Fashion Looks Fashion/Shopping-related First Blush Box Fragrance Fragrance Diary Freeman French Brand From My Stash Furatasse Get Fit Giveaways Givenchy Glowsophy Gucci Guess H&M Hair care hair extension Hand Care Hand Creams Hauls and Freebies Highlighter/Bronzer Himalaya Herbals History on Beauty/Fashion Hot Deals and Offers IBB Ideas n Inspirations innisfree Instagram Instagrammable Places IPL Treatment Jakarta Fashion Week 10/11 Jakarta Fashion Week 11/12 Japanese brands Jewelry Jimmy Choo Jo Malone Juara k Kanebo KBJ Stars Konjac Sponge KoreaBuys Korean Brand Korres Laneige Lip Products lip scrub Lippies Lippies Of The Month Local Skincare Loccitane Lola Box Look Book Lush Made in Indonesia Make Up Brushes Make Up Forever Makeup Remover Mascara Maybelline Mini Showcase Miniso Missha Mizzu Cosmetics Moisturizer Monthly Favorites MUA My Beauty Regimes My Styles N'Pure nail polish Natural and Earth Friendly Night Cream Nihonmart Nip+Fab Nuxe NYX Oasap Oscar Blandi OST C20 Outfit Diary Outfit Poll Pamper Day Peptaronic Perfumes Personalized Pixy Cosmetics Product Replacements Products I Want To Finished Project : Decluttered reebonz Reviews Revlon Romand You ROXY Sally Hansen Sampar Sariayu Scarlett Whitening Scented Candles Shampoo SheInside Shoes Shu Uemura Skin Aqua Skin Food Skin79 Skincare SNP Prep Soap & Glory Sociolla Spa Review Style Book Sukin Sunscreen Tagged posts Talika Talika 30 Days Challenge The Body Shop The Face Shop Thrift Haul Tony Moly TTT's Achievements Valentine Series Vanity Trove Veet Victorias Secret Vitaronic Wardah Weekly Facial Mask Wet n Wild What I Wear Today What To Wear What's In My Shower What's Inside My Bag Where To Shop Yearly Highlights YSL